pemanas air

Cara Memilih Pemanas Air yang Baik

Techno – Di negara tropis seperti negara Indonesia mungkin tidak terlalu membutuhkan pemanas air, karena iklim dari negara ini yang hanya berkisar di 2 cuaca saja, tak heran pemanas air di indonesia kurang begitu populer dan cukup sulit untuk menemukannya khususnya di perkampungan. Namun dalam beberapa kondisi, kita bisa saja membutuhkan air panas, atau air hangat untuk mandi yang bisa didapatkan dengan ringkas dan cepat. Menggunakan air hangat untuk mandi juga memberikan beberapa manfaat kesehatan yang cukup berpengaruh pada tubuh. Cara lama seperti memasak air di kompor bisa dibilang tidak begitu efektif karena menggunakan terlalu banyak energi yang terbuang dan proses yang tidak efisien.

Setidaknya pemanas secara umum menggunakan 4 energi dalam penggunaan nya, diantaranya Gas, listrik, uap dan tenaga surya. Selain sumber energi pemanas juga biasanya dibedakan berdasarkan kapasitas air dan fitur yang tersedia di dalam nya. fungsi dan kelebihan dari masing-masing pemanas berbeda-beda menyesuaikan kebutuhan di pasaran, jika kalian berniat untuk membeli pemanas air namun bingung cara memilih pemanas yang baik, berikut beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membeli:

  1. Intensitas penggunaan

Intensitas penggunaan berkaitan dengan jumlah penghuni rumah. Perimbangan jumlah penghuni rumah akan mempengaruhi jumlah kapasitas tangki pemanas air yang hendak dibeli. Sebagai gambaran umum, tangki berisi 15 liter biasanya hanya cukup digunakan oleh 2 orang saja, sementara tangki dengan kapasitas 30 -40 liter bisa dipakai oleh 3-5 orang. Oleh karena itu faktor jumlah penghuni rumah menjadi perimbangan yang cukup penting sebelum membeli pemanas air.

  1. Instalasi

pemanas air

Untuk memasang pemanas di kamar mandi, paling tidak kita memerlukan 2 instalasi pipa yaitu instalasi pipa untuk air dingin dan instalasi pipa untuk air panas. Oleh karena itu sebelum membeli pastikan terlebih dahulu instalasi pipa di rumah anda, pertimbangan ini juga akan mempengaruhi dimana pemanas diletakkan. .

  1. Daya listrik

Satu yang cukup vital yang kalian harus perhatikan sebelum membeli pemanas air adalah daya listrik di rumah anda. Perlu kalian ketahui bahwa segala bentuk alat elektronik yang mengubah energi listrik menjadi panas atau dingin membutuhkan daya listrik yang cukup besar, jangan sampai pemasangan pemanas di rumah anda malah akan mengganggu penggunaan listrik alat lain yang lebih penting. Namun beberapa produk pemanas air belakangan sudah mulai menerapkan teknologi watt kecil agar lebih hemat energi.

  1. Energi

Selain masalah instalasi, sumber energi dari pemanas juga perlu kalian perhatikan karena ini berkaitan dengan biaya perawatan dan penggunaan sehari-hari. Jika kalian memilih pemanas yang menggunakan energi tatas surya, biaya perawatan dan harga dari alat tersebut cukup mahal namun kalian bisa sedikit berhemat di kemudian hari karena sudah tidak memerlukan listrik dan gas lagi untuk menjalankannya. Berbeda dengan pemanas air bertenaga listrik dan gas, pemanas tersebut jauh lebuh murah dari pemanas listrik tenaga tata surya, namun untuk menjalankannya kalian perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

  1. Pengamanan dan perawatan

Hal terakhir yang cukup penting untuk mendapat perhatian lebih adalah pengamanan dari pemanas air tersebut. usahakan carilah pemanas air dengan pengamanan standard international yang sudah tersertifikasi. Selain itu, carilah pemanas listrik yang kuat dan awet dengan biaya perawatan uang cukup murah untuk menghemat pengeluaran bulanan kalian.

Baca Juga :  Harga Kompor Listrik Tidak Selalu yang Diperhatikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *