harga kompor listrik

Harga Kompor Listrik Tidak Selalu yang Diperhatikan

Pada zaman ini perkembangan terhadap ilmu pengetahuan mengalami kenaikan yang pesat. Adanya ilmu pengetahuan tersebut membuat banyak sekali penemuan yang bermanfaat bagi orang banyak serta mempermudah suatu masalah untuk diatasi dengan beberapa penemuan tersebut. Adanya teknologi yang berkembang pesat membuat sumber daya alam semakin dikuasai dan digunakan untuk kebutuhan manusia yang banyak sehingga menimbulkan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan sehingga banyak masalah yang timbul disebabkan eksploitasi.

Adanya masalah yang timbul disebabkan oleh eksploitasi sumber daya alam membuat para peneliti berusaha untuk menemukan beberapa solusi untuk mengatasi masalah yang timbul. Salah satu upaya yang dilakukan, yaitu dengan menggunakan energi yang terbarukan seperti adanya pembangkit tenaga listrik dengan tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan listrik yang tinggi. Selain itu, banyak sekali produk-produk yang ramah lingkungan seperti kompor listrik untuk mengurangi adanya penggunaan bahan bakar minyak yang cadangannya semakin hari semakin mengurang. Kompor listrik yang ada di pasaran memiliki harga yang beragam.

Ada beberapa harga kompor listrik yang menarik untuk disimak sebagai beberapa referensi saat membeli. Harga kompor listrik yang ada di pasaran sangat beragam mulai dari harga 100 ribuan hingga ada yang sampai 1 jutaan. Harga kompor listrik tersebut dapat menentukan spesifikasi yang ditawarkan oleh produsen yang terdapat pada kompor listrik tersebut. Selain itu ada beberapa hal yang berkaitan dengan spesifikasi kompor listrik yang akan dibeli sehingga dapat membeli kompor listrik yang dibutuhkan.

  1. Konsumsi Daya yang dibutuhkanHarga 

Kompor listrik menggunakan tenaga listrik tidak seperti kompor gas yang memakai bahan bakar gas untuk pembakarannya. Listrik yang digunakan harus diperhatikan agar menghindari adanya kenaikan tagihan biaya penggunaan listrik di rumah. Tetapi, hal itu bisa dihindari karena telah ada kompor listrik yang dibuat agar penggunaan listrik cenderung tidak banyak.

  1.  Tipe kawat pada kompor

harga kompor listrik

Hasil observasi yang telah dilakukan di pasaran menunjukan adanya tipe kawat yang beragam dan memiliki spesifikasi yang berbeda. Tipe kawat yang terbuka terdapat pada kompor listrik yang sederhana. Tipe kawat ini perlu diletakan jaring untuk menghindari adanya kotoran yang dapat menutupi kawat sehingga dapat menghambat pemanasan pada alat masak. Pada umumnya kawat ini dibentuk secara spiral agar panas dapat merata. Selain tipe kawat terbuka, terdapat tipe kawat tertutup. Tipe kawat yang tertutup dapat menjadi solusi untuk anda memilih karena mudah dibersihkan serta pembungkus yang menutup kawatnya membantu menstabilkan panas yang dihasilkan kompor.

  1. Panjang kabel pada Kompor listrik

Jika anda menggunakan kompor listrik, maka perhatikan panjang kabel pada kompor tersebut. Panjang kabel pada kompor yang akan dibeli harus sesuai panjangnya dengan sumber arus yang nanti dihubungkan karena jika terlalu pendek, maka sulit untuk dihubungkan dengan harus sehingga memerlukan terminal listrik sehingga menambah biaya lagi.

  1. Beban Maksimal

Setiap kompor memiliki batasan beban yang dapat diletakan di atasnya. Jika kompor sering digunakan untuk memasak makanan yang besar dan banyak dalam satu kali masak, maka diperlukan kompor yang dapat menahan beban diatasnya. Jika beban terlalu berat maka akan berdampak pada kompor. Bisa jadi kawat pemanas pada kompor patah sehingga tidak dapat digunakan kembali kecuali dengan memperbaikinya. Namun, hal ini dapat diatasi dengan memilih jumlah tungku kompor listrik yang banyak sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Rekomendasi Teko Pemanas Air Minum Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *